Visi dan Misi

Visi

Mengembangkan Pendidikan dan Pembelajaran Matematika yang Profesional berbasis budaya, sains dan teknologi di Asia Tenggara pada Tahun 2035.

  1. Mengembangkan: Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran pendidikan matematika yang berkualitas dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan sdm.
  2. Pembelajaran: Pendidikan matematika UBBG berkomitmen untuk mengoptimalkan pengetahuan profesional mahasiswa sebagai calon pendidik di sekolah dengan dukungan optimal dari dosen untuk mencapai tujuan kurikulum PMAT UBBG.
  3. Pendidikan: Pendidikan matematika UBBG mengedepankan proses, cara dan upaya perbaikan sikap dan tata laku mahasiswa sebagai calon pendidik melalui pengajaran di dalam dan di luar kelas untuk mendewasakan mahasiswa.
  4. Berbasis Budaya: Pemilihan konteks-konteks di dalam pembelajaran pada mata kuliah di Pendidikan matematika didasari pada budaya-budaya yang terkait dengan mahasiswa (culture maupun future culture)
  5. Sains dan Teknologi: Pelaksanaan pembelajaran di pendidikan Matematika UBBG menggunakan media-media teknologi yang mengedepankan The Digital Teacher yang memegang teguh alur saintifik dalam setiap pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Misi

  1. Menjalankan fungsi akademik prodi pendidikan matematika dengan baik dan terencana dalam menyelenggarakan pendidikan matematika yang berkualitas.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang matematika dan penerapannya yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat meningkatkan kompetensi keilmuan dosen dan mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan pelayanan dan pengabdian pada masyarakat di bidang matematika.
  4. Membangun kerjasama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan instansi terkait dalam upaya pengembangan pendidikan matematika dan pengabdian masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang kompeten, berkarakter dan inovatif dalam bidang Pendidikan matematika.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang mampu melakukan riset di bidang pendidikan matematika sebagai upaya peningkatan daya saing di masyarakat.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang mampu mengadaptasi teknologi dalam pembelajaran matematika
  4. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang mampu Mengintegrasikan kearifan lokal dan budaya Indonesia dalam kurikulum matematika

Strategi Pencapaian 

  1. Membekalai mahasiswa dengan kompetensi sebagai calon pendidik matematika.
  2. Menyelenggarakan pendidikan secara penuh mulai semester 1 (satu) sampai dengan 8 (delapan).
  3. Mengembangkan kurikulum secara terus menerus dengan mengadopsi perkembangan IPTEKS, sehingga memenuhi unsur kognitif, afektif, dan psikomotor, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang baik.
  4. Menyusun Silabus dan RPS yang disesuaikan dengan perkembangan IPTEKS, sehingga materi-materi mata kuliah yang dipelajari mahasiswa selalu mengikuti perkembangan IPTEKS.
  5. Mengikutsertakan dan membina mahasiswa dalam pola pikir ilmiah melalui kegiatan ilmiah, seperti: Penelitian Kreativitas Mahasiswa (PKM), diklat kepemimpinan mahasiswa, bakti sosial, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), dan Magang.
  6. Melaksanakan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga pendidikan dan instansi terkait yang berlandaskan pengabdian masyarakat.

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”